Home » News » Bunga Lili: Bunga Cantik yang Sarat Akan Makna

Bunga Lili: Bunga Cantik yang Sarat Akan Makna

lily

Bunga lili merupakan salah satu jenis bunga yang menjadi favorit bagi pecinta bunga karena bentuknya yang unik menyerupai kelopak terompet. Bunga ini merupakan salah satu genus dari famili Liliaceae yang telah dikenal sejak zaman Yunani kuno. Lebih dari 3000 jenis dari 240 marga yang dimiliki oleh genus Liliaceae ini. Bunga lili berasal dari Asia Barat dan Mediterania dan merupakan bunga yang tumbuh dari umbi. Ciri dari kelopak bunganya lebar menyerupai terompet dengan putik yang tumbuh seperti korek api, serta daunnya berwarna hijau terang ditopang oleh tangkai ramping yang memanjang. Bunga lili memiliki variasi warna yang sangat indah sehingga banyak orang yang betah untuk memandanginya dalam waktu lama. Selain itu, bunga ini pun memiliki aroma wangi yang semerbak.

Oleh pencinta tanaman bunga hias, bunga lili dijuluki sebagai ratu tanaman karena saking terkenalnya bunga ini hingga ke berbagai penjuru dunia. Konon, dalam legenda Yunani kuno, disebutkan bahwa bunga lili berasal dari susu yang ditumpahkan oleh seorang Dewi bernama Hera yang sedang menyusui putranya, Hercules. Ia tidak sengaja menumpahkan air susunya ke bumi sehingga tumbuh dan berkembanglah bunga lili di bumi.

Dari segi bentuk, warna, dan aromanya, sebagian jenis Lilium merupakan tanaman asli dari benua Asia, termasuk lili ini. Masa produksi dari  lili diperkirakan selama 3 sampai dengan 4 tahun. Tanaman  lili dikembangkan sebagai tanaman hias, terutama sebagai bunga hias potong yang biasa digunakan  sebagai bunga dalam acara-acara sakral seperti pernikahan, pertemuan, sampai upacara keagamaan. Sebagai bunga potong, lili dapat bertahan 7 sampai 14 hari dalam vas bunga berisi air.

Lili merupakan tanaman berumbi lapis yang memiliki ketinggian 0,5 – 1,3 meter dan memiliki ciri khas berkelopak corong lancip menyerupai terompet. Di Indonesia, bunga ini hampir berbunga sepanjang tahun dan dapat tumbuh di daerah dataran tinggi 1000 – 1200 mdpl. Selain itu,  lili juga dapat menyesuaikan dengan habitat hutan, pegunungan dan rerumputan hingga rawa. Untuk mengembangkan lili ini dapat dilakukan dengan menanam biji dan sisik dari umbi atau secara generatif maupun vegetatif. Akan tetapi, ada juga yang hanya dipanen untuk mengambil umbinya saja.

Bunga ini sangat dihormati oleh masyarakat Yunani karena memiliki cerita seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Selain itu, bunga lili juga dianggap sebagai simbol bagi orang-orang yang lahir pada bulan Mei. Hal ini karena bunga llili selalu mekar setiap bulan Mei saja.

 

sumber: https://tanaman.com/bunga-lili/